Sorong, 29 september 2018 bertempat di Kryad Hotel telah diadakan seminar nasionar (Pangan, Gizi dan Kesehatan) kerja sama antara Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Sorong dengan PT Frisian Flag Indonesia. Pada seminar nasional ini tema yang diusung adalah “Kontribusi Susu  Dalam Pemenuhan Zat Gizi Guna mencapai Masyrakat Papua Hidup Sehat”.

Peserta pada seminar kali ini berasal dari Pelajar/Mahasiswa dan Umum yaitu Petugas dari Rumah sakit dan puskesmas serta masyarakat umum. Seminar kali ini juga dihadiri oleh Direktur Ibu Ariani Pongoh, S.ST, M.Kes beserta jajaran pimpinan, Dosen dan staf Poltekkes Kemenkes Sorong.

Pemateri atau Narasumber pada seminar nasional diantaranya yaitu Dr. Marudut Sitompul, B.Sc, MPS (Dosen Gizi & Pangan Poltekkes Kemenkes Jakarta II), Nur Dani Widyo Utomo, S.Si, Apt M.FoodSt ( Badan BPOM Provinsi Papua Barat), Anjar Brilliannita, S.Gz, M.Sc ( Dosen Gizi & Pangan Poltekkes Kemenkes Sorong), Mustika A. Matto, S.SiT, MPH (PJ Program Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong), D.F. Wonatorey, S.SiT, M.Kes ( Ketua DPC Persagi Kota Sorong) serta Perwakilan dari dari PT Frisian Flag Indonesia yaitu Aryono Bambang Ardhyo (Corporate Research & Development Manager) dan Fetti Fadilah (Public Relations Manager).

Pada seminar kali ini pemateri atau narasumber membahas diantaranya mengenai Peraturan perundang-undangan yang mengatur berkaitan dengan ASI Ekslusif, Pengolahan, dan penggunaan Susu Formula  Bayi dan Ketentuan mengenai iklan Susu Formula Bayi, Manfaat Susu bagi Kesehatan, Jenis susu yang dikonsumsi berdasarkan jenis kelompok usia, Waktu yang tepat mengkonsusmsi susu, kandungan yang terdapat pada Susu Formula, Rumor-rumor yang beredar mengenai mengkomsumsi susu formula, pemaparan hasil penelitian kepada pada beberapa tempat di kota sorong mengenai perbandingan antara masyarakat yang mengkomsumsi dan tidak mengkomsumsi susu dan seperti apa masyarakat dalam mengkonsumsi Susu Formula. Pada kesempatan ini juga PT Frisian Flag Indonesia selaku produsen menjelaskan bagaimana proses pengolahan produk-produk susu mereka yang sudah sesuai dengan  standar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

 

Dengan seminar nasional ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui pentingnya susu bagi kesehatan karena kandungannya, susu yang baik untuk dikonsumsi sesuai jenis usia terutama pentingnya ASI Ekslusif untuk bayi serta menepis rumor-rumor yang beredar bila mengomsumsi susu. Seminar ini juga dapat menambah ilmu untuk mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan gizi dan tenaga gizi yang ada di Rumah Sakit dan Puskesmas agar mampu menjelaskan dengan baik kepada masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *