Sorong- pada 24-11-2018 bertempat di lingkungan Poltekkes Kemenkes Sorong, telah berlangsung Upacara pelepasan mahasiswa/i Prodi DIV Keperawatan dan Kebidanan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Terpadu, yang di hadiri oleh Direktur, Dosen, staf dosen dan staf rektorat Poltekkes Kemenkes Sorong.

KKL Terpadu akan berlangsung selama 1 bulan mulai 26 november-21 desember 2018. Lokasi KKL Terpadu bertempat di Kelurahan Klawalu lingkungan RW I ( RT 1, 2, 3 & 4) yang disesuaikan dengan jumlah KK dan jumlah mahasiswa.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKL Terpadu yaitu 94 mahasiswa yang terbagi dari  48 mahasisa Prodi DIV Keperawatan dan 46 mahasiswa Prodi DIV Kebidanan. Pada minggu pertama ini mahasiswa/i KKL Terpadu akan melakukan survei atau pendataan tentang permasalahan yang terdapat di wilayah tempat KKL Terpadu mereka kemudian hasil survei atau pendataan tersebut akan di presentasikan pada Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) I.

Tujuan dari KKL terpadu, mahasiswa diharapkan mampu memeberikan asuhan keperawatan dan asuhan kebidanan dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam keperawatan dan kebidanan komunitas dengan teknik pemecahan masalah (problem solving) dengan beberapa pendekatan Public Health Care. 

Tujuan lain dari KKL terpadu ini mahasiswa dapat mengenal wilayah KKL dengan benar dengan melakukan survei di wilayah KKL, mengolah data dengan menganalisa hasil pendataan yang dikumpulkan secara terpadu sehingga bisa mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada wilayah KKL kemudian mampu menyususn rencana terpadu bersama masyarakat mengatasi masalah kesehatan umum dan khususnya masalah keperawatan dan kebidanan komunitas serta mengimplementasikan bersama maysrakat untuk memecahkan masalah yang disepakati bersama-sama.

 

 

 

  

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *